3 Tips Ternak Kroto dengan Keunggulannya Masing-Masing.

Posted by Jatmiko 0 komentar
Seiring dengan perkembangan jaman teknologi tercipta dari yang dulunya jalan kaki sekarang sudah ada kendaraan bermotor yang bisa mempersingkat kita untuk mencapai suatu daerah yang kita tuju. Banyak metode yang berkembang dalam budidaya kroto atau ternak kroto. Mari kita bahas 3 Tips ternak kroto rangrang :

 1. Ternak Kroto di Alam (Perkebunan)
Caranya memang mudah tinggal memindahkan bibit dan melepasnya di kebun. Biasanya metoda ini dipilih oleh para petani atau penggusaha yang mempunyai kebun dalam skala menengah keatas.
1.      Tujuan dari Ternak rangrang di perkebunan adalah memanfaatkan kroto sebagai pestisida alami selain menekan biaya produksi juga bisa menjaga kualitas buah dari bahaya pupuk pestisida kimia.
2.      Menghasilkan buah organik. Buah organik adalah buah yang didalamnya tidak terdapat senyawa kimia, dengan bantuan perilaku semut kroto yang menjadi pestisida alami petani mendapat 2 keuntungan yaitu berkurangnya biaya untuk pembelian pestisida dan menambah nilai buah karena buah organik dipasaran lebih mahal dibandingkan buah biasa.
3.      Semut rangrang sebagai pengendali hama dan membantu penyerbukan untuk jenis tanaman tertentu.
4.      Sebagai penghasilan sekunder yang menguntungkan karena harga kroto dipasaran cukup bagus berkisar antara Rp. 100.000 – 200.000,- per Kilogram.

2. Ternak Kroto Semi-Alam

Sebuah metoda budidaya semut kroto atau ternak semut kroto dengan media pohon namun terdapat campur tangan manusia dalam pemberian pakan dan cara penyebaran koloni semut kroto rangrang.
Caranya adalah dengan memindahkan bibit yang kita ambil dari pohon lain atau bibit yang kita beli ke pepohonan disekitar rumah (biasanya metode semi-alam dilakukan dalam sekala kecil). Setelah bibit kita tempatkan diatas pohon kita bisa mengontrol perkembangaannya dan juga diawasi keberadaan hamanya seperti semut hitam dan ayam. Pemberian makanan seperti air gula, serangga, usus ayam, tulang ayam kita berikan agar merangsang perkembangan semut kroto. Selain itu jika dirasa koloni semut kroto sudah banyak anda bisa menyambungkan tali rafia diantara pohon supaya semut kroto rangrang bersarang di pohon yang baru.
Pengalaman Penulis semut kroto rangrang mulai membentuk sarang baru pada hari ke 7. Akan tetapi pada awal menangkarkan perhatikan keberadaan semut hitam karena semut-semut ini akan bertarung dan saling jatuh maka harus ditanggulangi dengan trik khusus.

3. Budidaya Semut Rangrang atau Ternak Semut Rangrang dengan Rak Kayu

Salah satu cara menangkarkan semut kroto rangrang secara efisien mudah dikontrol dan tidak memerlukan lahan yang luas.
Dalam Ternak semut rangrang media rak kayu ada 3 cara yang penulis coba dan penulis akan memberitahukan mana cara yang lebih selektif.

1.      Ternak Kroto Media Bambu
semut kroto sangat menyukai habitat buatan yang mirip dengan tempat dia berasal. metode bambu cocok karena mempuyai serat yang sangat disukai semut kroto rangrang. Namun kendalanyanya media ini berat dan sulit mengontrol mana sarang semut yang isi dan mana sarang semut yang sudah ditinggalkan.
2.       Ternak Kroto Media Paralon
Diawal mula pembudidayaan cara ini terlihat efektif apalagi paralon mudah diatur. Namun setelah penulis coba ternyata semut kroto enggan pada media ini sebagai contoh ketika penulis memasukan toples dengan cepat semut kroto rangrang pindah ada media ini dan media yang lama yaitu paralon ditinggalkan.
3.      Ternak Kroto Media Toples Transparan
Media yang paling banyak penulis temui dikalangan pembudidaya ini adalah yang paling efektif untuk saat ini. Semut kroto cenderung ingin diam pada media yang tinggi dan horizontal. Pada awalnya semut akan berkumpul didalam bagian atas toples kemudian membuat sarang namun apabila toples dibalikan maka semut akan lindah sarang.

Selain mudah mengontrol hasil kroto juga bisa menggetahui toples mana yang berisi semut krotodan toples mana yang sudah kosong.


3 Harga Kroto menurut Kualitas

 

1. Kroto Super

Jenis kroto yang sulit didapatkan, kroto ini langsung diambil dari sarang semut kroto. Ciri khas dari kroto super ini bisa bertahan kurang lebih satu minggu. Harga dari kroto super berada pada kisaran Rp. 150.0000 – Rp. 180.000 per Kg.

2. Kroto biasa

Jenis kroto yang paling banyak, Namun kroto jenis ini hanya harus segera habis karena cepat basi. Saat ini harga kroto biasa ada pada kisaran Rp. 130.000 per Kg.

3. Kroto freezer

Kroto yang sudah masuk lemari es. Harganya berada pada kisaran Rp. 100.000 per Kg.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: 3 Tips Ternak Kroto dengan Keunggulannya Masing-Masing.
Ditulis oleh Jatmiko
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://semutkrototemanggung.blogspot.com/2014/08/3-tips-ternak-kroto-dengan.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
0 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda
Jasa Toko Online support Jasa iklan - Original design by Miko | Copyright of SEMUT KROTO TEMANGGUNG.