Cara Budidaya Kroto Terbaru 2014 sebagai Peluang Usaha Bagus Mengatasi Pengangguran

Posted by Jatmiko 0 komentar
Tahun 2014 ini merupakan tahun yang penuh tantangan dan mencemaskan. Bagaimana tidak? sulitnya mencari pekerjaan menjadi masalah sebagian orang. Untuk mngatasi kesulitan mencari pekerjaan, kita harus berusaha mencari peluang usaha swasta mandiri agar tidak tergantung pada orang lain.

salah satu peluang usaha tersebut yang memiliki prospek bagus di tahun 2014 ini adalah budidaya semut rangrang.


Bagaimana caranya? Berikut ini Cara Budidaya Kroto Terbaru 2014 sebagai Peluang Usaha Bagus Mengatasi Pengangguran.

Sebelum beternak atau budidaya kroto kita harus mengetahui dulu seluk beluk tentang semut rangrang atau kroto. Berikut ini penjelasannya.


Di alam bebas, sarang semut rangrang dihuni oleh:
  1. Ratu semut yang memiliki warna hijau muda kemerah-merahan yang bertugas menghasilkan telur.
  2. Semut pejantan yang bertugas mengawini ratu agar telurnya bisa menetas untuk memperbesar koloni.
  3. Semut pekerja besar yang jumlahnya ratusan bahkan ribuan yang bertugas untuk mencari pakan, mempertahankan dan mengelola sarang, dan memperbesar koloni.
  4. Semut pekerja kecil yang bertugas merawat dan mengasuh semut-semut muda.
Tidak seperti manusia, semut rangrang tidak mengumpulkan pakan dalam sarangnya, tetapi mencari pakan langsung dari alam bebas dengan cara memerah cairan manis dari kutu-kutuan atau larva kupu-kupu, yang selanjutnya diangkut ke dalam sarang untuk memenuhi kebutuhan seluruh anggota koloni di dalam sarang.

Jika kita amati di alam, koloni semut rangrang tersebar di seluruh cabang pohon, bahkan sampai menyeberang ke pohon lain. Hal itu merupakan sifat semut rangrang yang selalu melebarkan sayapnya untuk membuat koloni sebanyak-banyaknya, agar mudah mencari makan dan berkembang biak.

Untuk memulai budidaya kroto agar sukses, kita harus bisa meniru keadaan sarang di alam, paling tidak mendekati keadaan habitat aslinya di alam. Berikut ini beberapa hal yang perlu dipersiapkan dalam budidaya kroto:
  1. Kandang berupa rak
  2. Sarang buatan berupa toples
  3. Peralatan berupa tutup toples sebagai tempat minum, sarung tangan karet, gunting tanaman
  4. Mencari sarang semut rangrang dari alam
  5. Setelah kita mendapatkan sarang, selanjutnya dilakukan pengadaptasian
  6. Pemindahansemut dari sarang daun ke toples
  7. Hal terpenting adalah pemelirahaan untuk mendapatkan hasil berupa kroto
Kandang


Kandang sebaiknya:
  1. Tidak terkena sinar matahari secara langsung dan terus-menerus
  2. Tempatkan rak atau kandang di tempat yang teduh, bersih, dan media tidak bersentuhan langsung dengan benda di sekelilingnya
  3. Jika kita mendapatkan sarang dari alam yang berbeda lokasi, maka kita harus menempatkan koloni tersebut pada rak yang berbeda agar tidak terjadi perang antar koloni karena idra penciuman mereka sangat tajam untuk mengenali mana teman sekoloni dan yang bukan
  4. Posisikan rak jauh dari lalu lalang penghuni rumah
  5. Tempat/ruangan rak harus bebas dari semut lain atau hewan pengganggu yang lainya seperti tikus dan kucing
  6. Terhindar dari cahaya langsung karena semut rangrang suka tempat yang gelap untuk berkembang biak
Membuat Rak
  1. Rak dapat dibuat bersusun dengan kaki 4 dan masing-masing kaki diberi ember berisi air untuk membatasi agar semut tidak keluar dari rak.
  2. Gunakan ember atau wadah lainnya yang cukup besar, agar bibir ember atau wadah lainnya jauh dari kaki rak.
  3. Mengapa bibir ember harus jauh dari kaki rak? Semut rangrang bisa membuat jembatan hidup yang menghubungkan kaki rak dengan bibir ember, sehingga semut rangrang bisa kabur dengan melewati jembatan hidup itu.
  4. Jembatan hidup itu terbuat dari susunan semut rangrang yang saling membantu mencapai bibir rak dengan saling bertumpuk dan maju sedikit demi sedikit yang akhirnya sampai ke bibir ember.
Membuat Sarang Buatan dari Toples



Untuk cara membuat sarang buatan dari toples, bisa anda baca pada postingan saya terdahulu yang bisa anda temukan pada arsip (archives) atau daftar isi blog ini.

Cara Memindahkan Semut rangrang dari sarang daun dari alam ke sarang toples juga bisa anda baca pada postingan saya terdahulu yang bisa anda temukan pada arsip (archives) atau daftar isi blog ini.

Pemeliharaan

Bagian terpenting dalam suatu budidaya adalah pemeliharaan. Tujuan pemeliharaan adalah agar semut rangrang bisa selalu dalam keadaan sehat sehingga mampu berproduksi banyak dalam waktu yang lama.

Syarat pemeliharaan yang baik adalah:
  1. Jaga selalu kebersihan kanda, rak, dan sarang toples dari segala macam kotoran, seperti sisa pakan yang tidak habis.
  2. Pemberian pakan jangan sampai terlambat, agar semut rangrang tidak mengalami kelaparan yang akibatnya semut bisa saling bunuh.
  3. Keterlambatan pemberian pakan juga bisa berakibat semut rangrang tidak dapat berproduksi secara maksimal.
  4. Pakan harus selalu tersedia dan baru, maksudnya pakan harus selalu ada dan jika pakan yang ada sudah lama, maka harus diganti dengan yang baru, karena semut rangrang di alam menyukai makanan yang masih segar dan baru.
  5. Seperti halnya ternak lainnya, semut rangrang juga membutuhkan air untuk minum.
  6. Air yang dibutuhkan semut rangrang untuk minum adalah cairan manis yang bisa kita buat dengan menggunakan gula pasir yang diberi sedikit air agar mencair tetapi kental.
Perkembangbiakan

Untuk dapat berproduksi maksimal sehingga menghasilkan kroto yang banyak, sarat utamanya adalah memiliki banyak koloni atau sarang toples.

Cara agar memiliki banyak sarang adalah dengan mencari sarang dari alam sebanyak-banyaknya.

Jika tidak bisa karena memang habitat asli di alam sudah mulai menghilang, maka kita bisa memproduksi sendiri, yaitu dengan membiarkan kroto menetas menjadi semut rangrang, sehingga anggota koloni semakin banyak dan padat.

Jika anggota sebuah koloni toples semakin banyak dan padat, maka kita harus menempatkan toples kosong di samping koloni yang telah padat tersebut agar semut rangrang berpindah sebagian dari koloni ke koloni baru untuk dapat berkembang biak secara maksimal.

Demikian sedikit cara budidaya semut rangrang penghasil kroto, mudah-mudahan bisa membantu.

Jika ada yang kurang jelas, silahkan tulis pertanyaan pada kotak komentar di bawah ini.
Jika ada yang memiliki cara budidaya kroto lebih baik dari saya, mohon sudilah kiranya sharing di kotak komentar di bawah ini.

Mari kita saling bertukar pengetahuan dan pengalaman, agar ilmu yang kita miliki bermanfaat dan menjadi ilmu yang berguna sehingga memberikan pahala bagi kita baik di dunia ini maupun sampai diakhirat nanti, amiin.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Cara Budidaya Kroto Terbaru 2014 sebagai Peluang Usaha Bagus Mengatasi Pengangguran
Ditulis oleh Jatmiko
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://semutkrototemanggung.blogspot.com/2014/02/cara-budidaya-kroto-terbaru-2014.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
0 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda
Jasa Toko Online support Jasa iklan - Original design by Miko | Copyright of SEMUT KROTO TEMANGGUNG.