Berapa Jumlah Maksimal Koloni Semut dalam 1 Toples Besar?

Posted by Jatmiko 0 komentar
Menjawab pertanyaan dari Mas Bintang Seluler tentang berapa jumlah maksimal koloni semut dalam 1 toples besar?

Saya akan mencoba menjawab sesuai dengan pengetahuan saya dan menurut pengetahuan dan budidaya yang saya alami.

Menurut saya, yang dikatakan 1 koloni adalah satu sarang, dalam hal ini 1 toples, baik itu toples besar atau toples kecil, jadi tidak ada batasan jumlah anggota koloni.

Penambahan toples baru di samping toples yang padat populasinya

Penambahan toples baru di samping toples yang padat populasinya

Mengapa saya katakan tidak ada batasan jumlah anggota koloni? Seperti kondisi alami semut rangrang di alam, mereka akan tetap menghuni koloni atau sarang semut rangrang selama sarang itu populasinya masih belum begitu padat. Setelah terjadi perkembangbiakan, yaitu telur yang menetas jadi semut, dan populasinya semakin pada, secara otomatis insting semut akan membuat sarang baru pada dahan atau ranting lain dalam pohon tersebut, bahkan bisa saja ekspansi ke pohon lain yang daunnya masih bersentuhan sebagai jembatan.

Demikian juga halnya yang terjadi pada koloni sarang toples, Semut rangrang akan tetap berada dalam toples tersebut mana kala dirasa masih nyaman, artinya populasinya tidak terlalu padat, sehingga masih nyaman untuk berkembang biak. Jika dalam satu toples populasinya meningkat karena menetasnya kroto menjadi semut rangrang baru, maka secara otomatis semut rangrang akan pindah sebagian dengan mencari calon sarang baru.

Dalam hal budidaya secara modern menggunakan toples, maka ketika kita melihat bahwa dalam 1 toples populasinya sudang sangat padat maka hendaknya segera kita berikan toples kosong di samping toples yang padat tersebut, agar semut pindah dan membuat sarang baru pada toples baru tersebut.

Jadi kesimpulannya, menurut saya tidak ada batasan jumlah koloni atau anggota koloni dalam satu toples mas Bintang Seluler.

Demikian jawaban atas pertanyaan Berapa Jumlah Maksimal Koloni Semut dalam 1 Toples Besar? Semoga bermanfaat.

Bagi teman-teman yang memiliki jawaban lain dan lebih bagus silahkan tulis di kotak komentar di bawah ini.

Mari saling berbagi ilmu yang bermanfaat.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Berapa Jumlah Maksimal Koloni Semut dalam 1 Toples Besar?
Ditulis oleh Jatmiko
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://semutkrototemanggung.blogspot.com/2014/02/berapa-jumlah-maksimal-koloni-semut.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
0 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda
Jasa Toko Online support Jasa iklan - Original design by Miko | Copyright of SEMUT KROTO TEMANGGUNG.