Apa Itu Semut Rangrang?

Posted by Jatmiko 0 komentar
Untuk memulai sesuatu, terlebih dahulu kita harus mengetahui sesuatu itu sendiri, bahkan harus memahaminya. Demikian juga dengan budidaya semut rangrang. Agar dapat berhasil membudidayakan semut rangrang, kita harus mengetahui dan memahami seluk beluk semut rangrang, dari mulai pakan, kebiasaan hidupnya, habitat aslinya, hama, penyakit, dan masih banyak hal lain lagi yang harus kita ketahui.

Slah satu hal pertama dan utama yang wajib kita ketahui dalam hal budidaya kroto adalah, Apa Itu Semut Rangrang?

Berikut ini penjelasannya yang diambil dari berbagai sumber.

(Semut) Rangrang atau kerangga (Oecophylla) adalah semut berukuran agak besar yang dikenal memiliki kemampuan tinggi dalam membentuk anyaman untuk sarangnya. Dalam bahasa Inggris ia disebut weaver ant atau "semut penganyam". Rangrang sebagaimana banyak semut lain adalah serangga sosial dan membentuk koloni. Koloni rangrang dapat sangat tinggi populasinya.

Di dunia dikenal dua jenis rangrang yang masih menyintas. Sisanya ditemukan dalam bentuk fosil. Jenis pertama adalah rangrang asia (O. smaragdina) yang tersebar luas dari Pakistan sampai Australia bagian utara dan rangrang afrika (O. longinoda) yang menghuni kawasan tropis di Afrika.

Serangga ini bersifat teritorial (menjaga tempat hidupnya) dan bertemperamen "galak". Rangrang tidak segan-segan menyerang apa pun yang mendekati kawasan aktivitasnya. Karena perilaku ini, banyak pemilik pohon buah di Asia Tenggara memanfaatkannya untuk menjaga buah yang mulai ranum. Selain sebagai penjaga, rangrang dimanfaatkan manusia sebagai sumber pakan burung berkicau peliharaan. Larvanya dikenal sebagai kroto dan disukai oleh burung pemakan serangga. Kroto merupakan komoditas perdagangan sekunder sebagai tambahan penghasilan petani.

Rangrang memiliki perilaku memelihara beberapa jenis kutu sisik untuk diperah cairannya.

Dari keterangan tersebut diatas, saya mengambil 2 kesimpulan penting, yaitu:
  1. Semut rangrang selalu menjaga habitatnya dari gangguan musuh dengan sekuat tenaga, meski nyawa taruhannya.
  2. Semut rangang memanfaatkan kutu sisik untuk diperah cairannya.
Pertama

Semut rangrang selalu menjaga habitatnya dari gangguan musuh, oleh karena itu, dalam budidaya kroto rumahan, kita harus menyediakan tempat budidaya yang jauh dari jangkauan manusia dan hewan lain yang bisa mengganggu, agar semut rangrang bisa hidup tenang dan berproduksi melimpah.

Kedua

Semut rangang memanfaatkan kutu sisik untuk diperah cairannya. Seperti manusia dan makhluk hidup lainnya, semut rangrang juga membutuhkan cairan untuk bertahan hidup. Di habitat aslinya di alam, semut rangang memanfaatkan kutu sisik untuk diperah cairannya, oleh karena itu, dalam budidaya semut rangrang rumahan dengan media toples, kita harus menyediakan cairan gula sebagai minum semut rangrang, karena tidak bisa menyediakan sendiri.

Demikian Apa Itu Semut Rangrang? Semoga bermanfaat.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Apa Itu Semut Rangrang?
Ditulis oleh Jatmiko
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://semutkrototemanggung.blogspot.com/2014/01/apa-itu-semut-rangrang.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
0 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda
Jasa Toko Online support Jasa iklan - Original design by Miko | Copyright of SEMUT KROTO TEMANGGUNG.