Ternak Kroto di Pohon

Posted by Jatmiko 0 komentar
Salam kroto. Kali ini flodesta akan memberikan cara ternak kroto selain menggunakan media rak toples,nampan,bambu,botol plastik,ram kotak dll. Sesuai dengan judulnya ternak kroto di pohon. Tentu sobat semua tidak perlu menanyakan lagi. Karena semut rangrang pasti bersarang di pohon. Tetapi bagaimana caranya?

Ternak Kroto di Pohon















Ternak kroto di pohon memang  membutuhkan lahan. Dalam hal ini  penggunaan pohon tidak semua orang bisa menyediakan. Mungkin karena tempat dan lahan tidak memungkinkan untuk di tanam pohon. Bagi anda yang mempunyai lahan tersisa mungkin bisa di manfaatkan. Silahkan gunakan pohon yang ada di rumah kita kalau memang sudah ada.

Pohon apa saja yang bisa di gunakan untuk ternak kroto?

Gunakan pohon yang mudah kita temui dengan syarat daun lebar dan lebat. Tetapi tidak menutup kemungkinan daun yang kecil juga bisa di gunakan asal lebat juga.  Pohon di bawah ini banyak sekali yang menanam.

Misalnya :

. mangga
. jambu air

Untuk pohon yang sering kita temui sarang kroto di alam adalah

. mahoni
. palm
. karet
. akasia
. mangga
. nangka
. rambutan
. belimbing
. dll

Jenis  pohon di atas adalah pengalaman yang sudah flodesta alami ketika berburu sarang selama ini. Sekalian untuk memberitahukan sobat yang masih bingung di mana kesukaan semut rangrang bersarang. Dan tempat bersarang semut rangrang tentu tidak akan sama tergantung tempat dan alam di lingkungan anda.

Lahan

Bagi saudara yang mempunyai lahan sedikit luas mungkin bisa menggunakan pohon yang ada di dalam pot atau potongan drum. Apalagi kalau anda suka taman di dalam lingkungan rumah anda, tentu akan cocok sekali sekaligus menggalakan penghijauan. Jumlah pohon  bisa di perbanyak kalau memungkinkan. Cari pohon yang tidak terlalu besar. Kita bisa beli atau mencangkok kemudian letakkan dalam pot atau drum . Kalau sudah ada tinggal di pakai saja. Awas jangan lupa ijin sama keluaga ya...

Setelah menyediakan pohon di dalam pot atau drum tentunya  masih ada proses lagi yaitu setiap pot atau drum yang ada pohonya, di bawah sekelilingnya harus di batasi pakai air juga supaya semut tidak bisa keluar. Didalam air bisa kasih ikan kecil. Ben orak ono jentik nyamuk. okey

Bagaimana cara memberi makan dan minum di pohon?

Sama seperti pada penggunaan rak toples,bambu,botol plastik, ram kotak. Cara Memberi makanan dan minuman tidak jauh beda. Kita tinggal meletakkan makanan dan minuman di bawah sekitar pohon.  Masih di dalam area pembatas air.

Harus dingat juga media pohon ini berada di luar ruangan. Pasti akan kena hujan dan panas. Kalau masalah panas, semut sudah biasa karena habitatnya juga di alam atau pohon. Sudah pasti kena angin,hujan dan panas. Supaya makanan dan minuman tidak terkena hujan. kita bisa mengambilnya dan mengembalikan lagi jika tidak terjadi hujan. Kalau sudah terlanjur kena hujan kita bisa menggantinya. beres to....

Panen Kroto

Untuk panen kroto di pohon bisa kita gunakan seperti cara pemburu kroto kalau ingin diambil krotonya saja.

Kalau yang di perlukan sarangnya bisa di potong sarangnya memakai galah yang ujungnya sudah ada pisau atau sabit (harus tajam). Jika mudah di jangkau bisa di panjat dan di potong menggunakan tangan ( untuk yang sudah berpengalamandan profesional).

Misalnya untuk keperluan ternak kroto di rumah yang di gunakan sebagai pemasok kroto dan bibit. Bahkan memungkinkan juga bisa menguntungkan kedua duanya. Joss gandoss to...

Semoga pengalaman flodesta selama ini bisa bermanfaat untuk teman teman semua. Amin

Jangan lupa cendolnya brow...suwun banget yo...

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Ternak Kroto di Pohon
Ditulis oleh Jatmiko
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://semutkrototemanggung.blogspot.com/2013/03/ternak-kroto-di-pohon.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
0 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda
Jasa Toko Online support Jasa iklan - Original design by Miko | Copyright of SEMUT KROTO TEMANGGUNG.