Cara Supaya Ratu tidak Pindah (Rak Toples)

Posted by Jatmiko 0 komentar
Salam kroto. Kali ini flodesta akan berbagi ilmu lagi nih sob cara supaya ratu tidak pindah ke sarang toples lain. Untuk sahabat flodesta  yang saya hormati. Bagi anda yang sudah  mencoba menjalankan ternak kroto menggunakan rak toples mungkin  pernah mengalami sarang yang ada ratunya dan semutnya berpindah ke toples lain sehingga menyebabkan toples jadi kosong. Apabila toples banyak yang kosong kan percuma di tempatkan di rak. Karena kita juga tidak tahu mana tempat yang di anggapnya nyaman dan enak menurut semut rangrang. Kita hanya berusaha semaksimal mungkin membuat sarang buatan jadi betah  untuk tempat tinggal semut ranggrang.

Cara Supaya Ratu tidak Pindah (Rak Toples)
foto by kroto kerangga


Menurut  mas bro tempat yang nyaman adalah tempat yang ada ratunya. Karena para aparatnya akan selalu mengikuti sang ratu kemanapun dia pergi. Tetapi juga tidak selalu semut rangrang ini tidak nyaman tanpa ada ratu.

Bagaimana caranya sekarang supaya ratu tidak pindah ke toples yang lain dalam satu rak? Oke sob akan saya coba langsung kasih tahu caranya

Cara pertama:

Siapkan toples kosong dan solder (memudahkan untuk melubangi toples) Sebelum kita memasukan sarang baru coba lubangi toples sebesar lubang solder ( intinya lubang tidak bisa untuk keluar ratu). Buat lubang sekitar diding toples dan atas toples secukupnya saja. Supaya ratu tidak bisa keluar dari toples. Kalau semut prajurit dan semut bekerja memang kita biarkan keluar masuk untuk membawa makanan dan mengeluarkan kotorannya sendiri.

Bagaimana kalau sudah terlanjur ada semut rangrangnya?. Gampang sob, coba persempit lubang tersebut dengan cara menutup sebagian lubang yang lebar dengan solasi atau plester sehingga hanya bisa untuk keluar semut bukan ratunya.

Perhatikan toplesnya jika terjadi penguapan atau terdapat embun didalam toples segera berbanyak lagi lubangnya.

Bagaimana cara memberi makananan ternak semut rangrang kalau lubangnya sempit?. Untuk cara yang ini sudah flodesta bahas pada postingan sebelumnya.

Cara kedua.

Teknik yang ini merupakan masukan dari teman teman flodesta yang coba share kepada saya. Caranya adalah membuat tempat khusus untuk ratu. Jadi begini, untuk toples utama kita biarkan tetep ada cuma hanya menambahkan toples kecil di atasnya untuk tempat ratu saja. Untuk lubang toples ratu tetep kecil seperti cara yang pertama.

Bisa di lihat gambar rak toples

Bagaimana sobat, apakah sudah ada gambaran masuk kedalam pikiran anda. Cara mana yang bisa dipilih. Semuanya  mas bro serahkan pada sedulur kabeh. Karena mas bro tidak bisa memaksa dengan salah satu cara di atas. Pilihlah mana yang menurut anda enjoy.

Semoga ilmu ini ada manfaatnya. Jangan lupa cendolnya ya..

Mas bro - www.flodesta.blogspot.com

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Cara Supaya Ratu tidak Pindah (Rak Toples)
Ditulis oleh Jatmiko
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://semutkrototemanggung.blogspot.com/2012/09/cara-supaya-ratu-tidak-pindah-rak-toples.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
0 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda
Jasa Toko Online support Jasa iklan - Original design by Miko | Copyright of SEMUT KROTO TEMANGGUNG.