Cara Memindahkan Sarang Kroto Alam

Posted by Jatmiko 0 komentar
Salam kroto. Bagaimana cara memindahkan sarang kroto semut rangrang  dari alam ke dalam toples. Itulah pertanyaan pintar di tujukan  kepada mas bro. Oke, akan coba mas bro jelaskan caranya secara lengkap dan detail berdasarkan cara yang saya pakai selama ini. Kendala pertama kali dalam membudidayakan atau ternak semut rangrang adalah ketika harus memindahkan sarang ke dalam suatu tempat. Resikonya pasti akan digigit. Banyak sekali dari sekian cerita mengalami masalah ini.

Ada banyak cara yang bisa sobat praktekan :

Cara Pertama:

1. Potong batang sarang semut rangrang  (tentunya akan sedikit mengalami kesulitan, bisa pakai sarung tangan di lumuri tepung tapioka supaya mengurangi gigitan semut rangrang.

















2. Masukan kedalam karung / plastik / toples  atau apa saja yang sekiranya  ada celah / lubang  udaranya untuk perjalanan kerumah.

3. Siapkan ember plastik besar yang tepi nya sudah di kasih tepung tapioka supaya semut rangrang tidak  terlalu banyan yang naik dan  keluar

 4. Masukan sarang kroto kedalan ember plastik tersebut dengan catatan
harus di buka / buang daun beserta jaring jaringnya agar ketika bersarang membuat sarang baru tidak membawa jaring yang lama. Pengalaman kalau tidak di bersihkan nantinya toples akan terlihat kotor.


kroto



















5. Buat jembatan penghubung koloni semut antara ember dengan toples dengan menggunakan sapu lidi atau penghubung yang lain (pastinya ada jembatanya) terserah mau pakai apa saja bisa.

6. Setelah itu tingggal saja, tidak sampai satu hari semut rangrang akan bersarang secara alami.

Catatan : toples sudah tersedia makanan dan minuman.

Cara ke dua:
Setelah sarang dimasukkan kedalam ember dan sudah di bersihkan dari daun beserta jaringnya. Sobat bisa langsung meletakan kedalam toples dengan menggunakan tangan. Tentunya tangan sudah ada pelindungnya.. Tidak sampai menunggu habis  semut di dalam ember.

Cara ke tiga
 pakai teknik anda sendiri tentunya (masih banyak cara).

 Update 13 desember 2013 Cara Memindahkan Sarang Kroto Alam  :

 Cara memindahkan sarang alam kedalam toples bisa menggunakan teknik berikut :

1. Letakkan sarang kroto alam yang masih ada daunya di atas rak. Ambil Dan kurangi perlahan lahan daun pada sarang kroto. Siapkan juga toples kosong sudah di kasih lubang beserta makanan Dan minuman di samping toples. Cara ini membutuhkan proses yang cukup lama.

2.  Letakkan ember plastik sudah di kasih tepung tapioka dindingnya taruh di atas rak kroto yang Sudan kita persiapkan sebelumnya.

Kemudian masuk kan sarang kroto alam kedalam ember tersebut dan bongkar ambil daun beserta jaringnya sampai bersih dari kotoran.

Setelah itu masuk kan toples kosong kedalam ember tersebut. Sesuaikan jumlah toples dengan kondisi lebar ember. Cara ini jauh lebih efektif Dan lebih joss gandoss, semut rangrang jauh lebih cepat masuk dan bersarang kedalam toples. Bisa di tinggal sewaktu waktu.

Itulah cara memindahkan dengan versi mas bro. Silahkan sobat bisa pakai cara mana. Semoga bisa bermanfaat bagi sobat semua yang ingin membudidayakan semut rangrang.

Tunggu postingan selanjutnya ......Setelah membaca jangan lupa cendolnya bro...

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Cara Memindahkan Sarang Kroto Alam
Ditulis oleh Jatmiko
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://semutkrototemanggung.blogspot.com/2012/05/cara-memindahkan-sarang-kroto-alam.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
0 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda
Jasa Toko Online support Jasa iklan - Original design by Miko | Copyright of SEMUT KROTO TEMANGGUNG.