SEMUT RANGRANG ADALAH

Posted by Jatmiko 0 komentar

Semut Rangrang adalah serangga yang memiliki nama latin Oecophylla. Semut rangrang adalah semut yang berwarna merah hingga merah tua yang berukuran besar yang dapat menghasilkan telur yaitu kroto. Semut rangrang adalah serangga yang memiliki kemampuan tinggi dalam membangun rumahnya yang berupa anyaman untuk sarangnya.

Semut rangrang disebut juga semut penganyam atau bahasa Inggrisnya weaver ant. Semut rangrang adalah serangga yang memiliki sifat sosial dalam hidupnya yaitu dengan membentuk koloni yang memiliki populasi yang sangat tinggi.

Dalam kehidupan, semut rangrang memiliki fungsi dan manfaat yang sangat banyak bagi para petani. Semut rangrang dapat membantu petani dengan memangsa berbagai jenis hama seperti lalat buah, kepik hijau, ulat pemakan daun, hama tanaman buah, hama tungau, penggerek daun dan penyakit greening pada kebun jeruk. Selain itu, semut rangrang juga dapat melindungi eucalyptus dan tanaman kayu.

Bagi para petani jeruk dan mete, semut rangrang sangat berjasa karena dapat mengendalikan hama yang menyerang tanaman jeruk dan mete, selain itu dapat juga menjaga tanaman kelapa dan kakao dari serangan kepik. Hebatnya lagi, semut rangrang dapat mengusir tikus yang akan menyerang tanaman.

Semut rangrang memiliki sifat pemberani, yaitu menjaga tempat hidupnya dari serangan dan gangguan musuhnya. Jika ada yang mengusik tempat tinggalnya atau daerah kekuasaannya, semut rangrang akan langsung menyerang dengan sangat cepat dan kilat menggigit para pengganggunya.

Masih banyak manfaat yang bisa diambil dari semut rangrang. Manfaat tambahan yang paling populer dan dapat mendatangkan penghasilan yang melimpah adalah telurnya yang disebut kroto sebagai pakan burung peliharaan atau burung kontes atau burung berkicau.

Sebagai pakan burung, kroto semut rangrang memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi. kisaran harga dipasaran sekarang adalah mencapai Rp. 150.000,- per kg.

Dengan alasan tersebut di atas, sekarang ini telah banyak para petani yang melakukan budidaya kroto yang dilakukan secara modern yaitu dengan sarang buatah berupa toples yang diletakkan di atas rak di rumah.

Untuk mengetahui bagaimana cara budidaya kroto, dapat anda baca pada:

5 Cara Memulai Budidaya Kroto

5 Syarat Sukses Budidaya kroto

Demikian artikel tentang SEMUT RANGRANG ADALAH, semoga bermanfaat.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: SEMUT RANGRANG ADALAH
Ditulis oleh Jatmiko
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://semutkrototemanggung.blogspot.com/2013/10/semut-rangrang-adalah.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
0 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda
Jasa Toko Online support Jasa iklan - Original design by Miko | Copyright of SEMUT KROTO TEMANGGUNG.